Home » Tak Berkategori » Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Terbit Pada Jurnal Nasional Terakreditasi Bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam (IPII)

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Terbit Pada Jurnal Nasional Terakreditasi Bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam (IPII)


IPII (3/22) Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Terbit Pada Jurnal Nasional Terakreditasi Bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam (IPII), adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut adalah:

  1.  Dr Wiji Suwarno, M.Hum  III/d  Dosen  IAIN Salatiga
  2  Choirudin, S.Pd.,M.Pd.  III/b    Dosen  
IAIM NU Kota Metro

Jurnal nasional terakreditasi adalah jurnal yang memiliki keistimewaan tertentu dari penilaian. Jurnal nasional terakreditasi adalah“majalah ilmiah yang memenuhi criteria sebagai jurnal nasional dan mendapat status terakreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan masa berlaku hasil akreditasi yang sesuai. ”SesuaidenganPeraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah, maka jurnal nasional dikatakan terakreditasi apabila proses akreditasi jurna lilmiah dilakukan secara elektronik melalui jejaring teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan kata lain, semuajurnal yang diterbitkan harus tersedia dalam bentuk daring atau memiliki E-ISSN (ISSN daring) agar artikel dapat ditelusuri, secara transparan dapat diperiksa terutama terkait dengan plagiarism atau agar tidak terjadi tumpang tindih pengembangan keilmuan, dan meningkatkan daya baca (jurnal terbukti memiliki daya tarik untuk dibaca dengan menghadirkan sitasi).

Mahasiswa sebagai obyek untuk melakukan penulisan artikel ilmiah sebagaimana yang dipersyaratkan Dikti (2012) membawa perubahan besar bagi pendidikan Indonesia di perguruan tinggi. Perubahan yang mendasar adalah mahasiswa kurang siap untuk melakukan kegiatan tersebut.

Hal ini terjadi karena mahasiswa kurang mampu dalam mengungkapkan ide atau gagasan mereka kejurnal, media massa, atau media ilmiah lainnya. Sehingga menunjukkan adanya kelemahan. Penyebab hal tersebut adalah belum terlatihnya mahasiswa dengan tugas-tugas menulis yang sifatnya ilmiah. Di perguruan tinggi, mahasiswa belum terbiasa dilatih oleh para dosen mengungkapkan fakta secara ilmiah sehingga bukti empiris jarang dilakukan analisis.

 Hal ini menyebabkan mahasiswa menjadi belum terbiasa menulis karya ilmiah dengan bahasa ilmiah dan pengkajian ilmiah. Atas dasar pemikiran tersebut, Program Studi IlmuPerpustakaan dan Informasi Islam (IPII) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung telah menyelenggarkan kegiatan PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK TERBIT PADA JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI ISLAM. (IPII) FAKULTAS ADAB UIN RADEN INTAN LAMPUNG.