Visi dan Misi


Visi

Menjadi Pusat Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi yang berbasis nilai-nilai keislaman yang berwawasan lingkungan dengan pendekatan integratif-multidisipliner sebagai rujukan Nasional dan internasional pada tahun 2035.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang  ilmu perpustakaan dan informasi islam integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan yang memiliki keunggulan dan daya saing internasional;
  2. Mengembangkan riset dalam bidang  ilmu perpustakaan dan informasi islam integratif-multidisipliner yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pengembangan lingkungan;
  3. Menyelenggarakan pengabdian berbasis riset bidang  ilmu perpustakaan dan informasi islam integratif-multidisipliner untuk kepentingan pengembangan masyarakat dan lingkungan; dan
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga di bidang ilmu perpustakaan dan informasi islam baik dalam dan luar negeri untuk penguatan kelembagaan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan ilmu perpustakaan dan informasi islam yang memiliki keunggulan akademik (ulil ilmi), intelektualitas (ulil albab), spiritualitas (ulil abshar), dan integritas iman, takwa, dan akhlaqul karimah (ulin nuha), serta kemampuan daya saing dalam rangka menjawab tantangan global.
  2. Mengembangkan dan/atau menghasilkan kajian, riset, dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dijiwai oleh nilai keislaman secara inovatif, obyektif, dan dinamis di bidang ilmu perpustakaan dan informasi islam.
  3. Menyebarluaskan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dijiwai oleh nilai keislaman, serta mengupayakan pemanfaatannya guna meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional di bidang ilmu perpustakaan dan informasi islam; dan
  4. Menghasilkan kerja sama dalam dan luar negeri yang memperkuat pengembangan program studi ilmu perpustakaan dan informasi slam sebagai rujukan internasional.

Strategi

  1. Membangun budaya akademik yang progresif, adaptif dan inovatif. 
  2. Mengembangkan kegiatan pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat berbasis bidang keprodian secara simultan. 
  3. Meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam publikasi bereputasi internasional. 
  4. Menjunjung tinggi komitmen mutu dan berbasis kearifan lokal dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 
  5. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri.

Kerjasama

Dalam bidang kerjasama, Prodi ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam akan menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah, lembaga non pemerintah, instansi dalam negeri dan luar negeri, perguruan tinggi negeri maupun swasta baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi. Bentuk kerjasa sama tersebut dalam bentuk pelaaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Publikasi, Pelatihan, peningkatan mutu perkuliahan dan lulusan, Penguatan jaringan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan cara memanfaatakan kerjasmaa dengan lembaga yang telah memiliki perjanjian (MoU-MoA) antara UIN Raden Intan Lampung, Fakultas Adab dengan lembaga lainnya. Dalam Kerjasama ini beberapa langkah telah dilakukan antara Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Adab, UIN Raden Intan Lampung dengan Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Universitas Lampung, Universitas Malahayati, Universitas Teknokrat Indonesia, IAIM NU Metro, Universitas Muhammadiyah Lampung, STIMIK Pringsewu, Universitas Saburai – Lampung, Institut Teknologi dan Bisnis Diniyyah Lampung (INSTIDLA), Komunitas Rumah Baca, Pustaka Bergerak Indonesia, UPT Perpustakaan UNILA, Lampung Calligraphy Center (LCC), Griya Baca Komunitas di 15 Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung, Forum Literasi Lampung, Universitas Indonesia, UIN Ar Raniry Aceh, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, STAI Muhammadiyah Tulung Agung Jawa Timur, Binus University – Jakarta, Universitas Halu Oleo Sulawesi, Perpustakaan Nasional RI, ISIPII (Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam), APTIPI Indonesia (Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS), Universitas Yarsi – Jakarta, IAIN Salatiga – Jawa Tengah, UIN Antasari Banjarmasin Kalimantan, Universitas Islam Nusantara (UNINUS). Dan untuk beberapa lembaga internasional diantaranya Conventry University UK-London, Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan, Brunei Darussalam, USM Malaysia, St. Petersburg University Russia, University of Tsukuba Japan, Institut Alam dan Tamadun Melayu (ATMA) Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Museum Etnografi dan Antropologi “Kunsthamera” Saint Petersburg Russia, Faculty for Oriental Studies of Saint Petersburg State University, Russia, Rhodes Forum for Dialogue of Civilizations (Greek-Athens), Istanbul Foundation for Science and Culture (Turkey), Marmara University-Faculty of Theology Istanbul, Turkey, The Kolej Muhammadiyah of Singapore, Suez Canal University of Egypt, Academic Alliance Signing Seis Ceremony, Jose Rizal University Philippine dan lainnya.