Pelatihan Peningkatan Layanan Prima Perpustakaan Melalui Aplikasi Senayan Library Managemen Systems (SLiMS) Bagi Mahasiswa Prodi IPII
(08/05/2022)IPII (5/22) Pelatihan Peningkatan Layanan Prima Perpustakaan Melalui Aplikasi Senayan Library Managemen Systems (Slims) Bagi Mahasiswa Prodi IPII.
Adapun yang telah menjadi Nara Sumber pada Pelatihan ini adalah :
- HENDRO WICAKSONO (Developer SLIMS – Jakarta)
- WARDIYONOÂ (Dosen Universitas Yarsi – Jakarta)






Pelayanan prima dengan berorientasi pada pemustaka merupakan unsur penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan. Perpustakaan diharapkan dapat berkembang secara dinamis mengikuti arus jaman, sehingga mampu menangkap kebutuhan yang juga berkembang di masyarakat pada umumnya dan pemustaka pada khususnya.
Seiring berjalannya waktu, kebutuhan masyarakat akan informasi akan bertambah pula. Meningkatnya kebutuhan ini harus dapat dijawab oleh perpustakaan, salah satunya dengan meningkatkan pelayanan prima. Menurut Wiji Suwarno (2016) Perpustakaan yang orientasinya melayani masyarakat penggunanya, harus tanggap dengan perubahan itu kalau tidak ingin ditinggalkan. Perpustakaan harus cepat beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi, bukannya mengisolir dalam dunianya sendiri.
Salah satu faktor suksesnya pelayanan prima perpustakaan yaitu adanya pemanfaatan teknologi informasi. SLiMS merupakan salah satu perkembangan teknologi yang ada di perpustakaan. SLiMS merupakan sebuah software untuk membantu manjemen perpustakaan agar lebih mudah. Mahasiswa Ilmu Perpustakaan harus mampu untuk menggunakan aplikasi SLiMS dalam pengelolaan perpustakaan guna menciptakan layanan prima perpustakaan saat sudah berada di dunia kerja nantinya. Atas dasar pemikiran tersebut, Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Layanan Prima Perpustakaan Melalui Aplikasi SLiMS.