Safari Literasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen dan Mahasiswa Prodi IPII di Pulau Pahawang


IPII (29/3) Dalam rangka meningkatkan kualitas Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung Bergerak Literasi di Pulau Pahawang, Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Kegiatan Safari literasi tersebut di laksanakan pada Selasa (29/3) di Pulau Pahawang, disambut hangat oleh Sekretaris Desa Pahawang, Aristama. “Sebagai Desa yang kaya dengan wisata pantai dan laut, ini terdiri dari enam (6) dusun dengan jumlah penduduk sekitar 1667 jiwa terdiri dari 687 kepala keluarga. Disini sudah terdapat sekolah mulai dari PAUD sampai ke Sekolah Menengah Atas., Namun belum Ada Perpustakaan Desa/Dusun yang bisa diberdayakan Masyarakat sekitar sebagai Sumber informasi” Ungkap Sekretaris Desa Pahawang, Aristama.

Kolaborasi Dosen dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung juga bekerjasama dengan Forum Literasi Lampung (FLL) melakukan beberapa kegiatan diantaranya, Pembentukan POJOK BACA Masyarakat Pulau Pahawang yang tempatnya di fungsikan dari bangunan milik Desa. Selain itu juga diadakan donasi buku dan sharing bersama perangkat Desa Pahawang tentang Pengolahan Bahan Pustaka.

Aristama menuturkan bahwa “Kegiatan ini sangat bermanfaat dan berguna bagi anak-anak yang sangat antusias dengan adanya POJOK BACA tersebut. Karena akses jauh dari kota. Dan program Kami berikutnya akan diupayakan setiap Dusun Ada POJOK BACA/Perpustakaan”.

Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat Di Pulau Pahawang ini sebagai realisasi Praktek dari Mata Kuliah Pembinaan Minat Baca, Karena lokasi Pulau Pahawang jauh dari Toko Buku, semoga keberadaan POJOK BACA yang kami bentuk memberi manfaat bagi Masyarakat sekitar, khususnya anak-anak, untuk mendapatkan buku-buku bacaan sesuai kebutuhan dan minatnya.Hal itu diungkapkan Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) Fakultas Adab, Eni Amaliah saat memberikan bantuan buku-buku bacaan untuk melengkapi Koleksi POJOK BACA di Pulau Pahawang.